Copen, "Masterpiece" Unik dari Daihatsu

Copen, "Masterpiece" Unik dari Daihatsu

Sosoknya mungil dengan warna cerah memaksa mata untuk menoleh dan bertanya mobil apakah itu. Seorang turis asing bahkan sampai mendekat dan melihat dengan seksama jenis sedan sport cabriolet ini. "Ini milik Daihatsu? Sangat menarik!" celoteh bule tersebut saat KompasOtomotif berhenti tepat di depannya.

Tak bisa dipungkiri bahwa sosok Copen memang unik. Mungkin mata kita sudah terbiasa melihat sedan sport coupe convertible asal Eropa atau brand Jepang lainnya. Tapi tidak dengan Daihatsu yang malah di Indonesia identik dengan MPV bawah atau kendaraan niaga.

Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan bangga memperkenalkan Copen sebagai produk flagship mereka, dan sudah siap dipasarkan di Indonesia, meski dengan kebijakan khusus. Copen bahkan langsung berstatus sebagai model termahal yang dimiliki ADM dengan banderol Rp 416,55 juta buat tipe manual dan Rp 431,55 juta buat model CVT (khusus keluarga Daihatsu).

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Daihatsu Copen
KompasOtomotif berkesempatan langsung menjajal Copen di Bali, pada acara media test drive yang diselenggarakan ADM, Kamis (28/5/2015), sampai Jumat (29/5/2015). 12 unit Copen dengan varian transmisi manual dan CVT disediakan ADM untuk dieksplorasi oleh awak jurnalis yang bertugas.

"Copen adalah karya seni yang dihasilkan Daihatsu. Copen tidak dicetak massal di line produksi, melainkan dibuat khusus seperti karya seni. Sampai sekarang masih dibuat di luar line produksi di Jepang karena mobil ini memang spesial," jelas Ahmad Syaufi, Head Technical Service Division PT ADM saat presentasi produk.

Daihatsu merancang konsep Copen dengan tiga pendekatan, yakni Fun Styling, Fun to Drive dan Advance Safety. Artinya, kendaraan ini diciptakan memang untuk bergaya, menyenangkan saat dikemudikan dan mengedepankan unsur keamanan.

Gaya berkelas Copen dihadirkan dengan paduan dua warna cerah dan atap keras (hard top) dengan warna hitam. Bagian atap bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan pengendara dalam waktu sekitar 10 detik.

Desain wajah depan dengan guratan aura sporty berkat gril yang terintegrasi, lampu utama dengan proyektor LED, serta lampu iluminasi LED. Pelek model alloy 16 inci palang lima, berpadu dengan bodi samping bergaris tegas dan aerodinamis. Bagian buritan dengan rear hood dengan duck tail plus high mount stop lamp, lampu belakang LED, serta ujung knalpot ganda.

Dibekali mesin tiga silinder DOHC VVT-i plus Intercooler Turbo Charger berkapasitas 660 cc. Mesin menghasilkan daya 63 tk pada putaran 6.400 RPM dan torsi puncak 92 Nm pada putaran 3.200 RPM. Sudah dilengkapi pula dengan Electrical Throttle System atau Drive by Wire.

Sementara buat fitur keamanan sudah disematkan pengatur traksi, stabilitas kontrol, Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD). Ada juga Brake Override System yakni sistem yang otomatis akan mengabaikan sinyal pedal gas, apabila pedal rem dan pedal gas terinjak secara bersamaan.

Masih ada fitur Emergency Stop Signal yang otomatis memberikan tanda bahaya (lampu hazard) kepada pengemudi di belakang apabila terjadi pengereman keras saat kecepatan lebih dari 60 kpj. Terakhir Dual SRS Airbag dan sistem perlindungan pejalan kaki, dimana bodi mobil mampu menyerap dampak tabrakan sehingga bisa meminimalisasi cedera pada pejalan kaki.                  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

PROMO DAIHATSU 2017

 PROMO GREAT NEW XENIA HARGA DAIHATSU TERIOS 2016> harga daihatsu sirion 2016