Total Tayangan Halaman

Setengah Jantung Toyota Indonesia Milik Daihatsu

Jakarta, KompasOtomotif - Tahun lalu Toyota menjual 316.935 unit mobil di Indonesia, namun tidak bisa ditampik lebih dari 65 persen merupakan model hasil produksi lokal Daihatsu. Fakta ini menggambarkan seolah ada pahatan logo Daihatsu dalam jantung Toyota.
Ada tiga produk Daihatsu yang dijual Toyota, yaitu Avanza, Rush dan Agya. Jika penjualan ketiganya pada 2015 dijumlahkan mencapai 213.699 unit.
Porsi kendaraan produksi Daihatsu dalam struktur penjualan Toyota kemungkinan bakal bertambah sebab produk tambahan, Calya, sudah diluncurkan pada Agustus 2016 lalu.
Febri Ardani/KompasOtomotifToyota Calya dan Daihatsu Sigra.
Timbal balik
Toyota sangat tergantung pada Daihatsu, namun hubungan ini bukan cuma berjalan searah. Daihatsu juga butuh Toyota untuk memenuhi volume produksi.
Pada Mei 2015, Daihatsu menjadi produsen pertama yang mencapai produksi lokal 4 juta unit, berstatus terbesar di Indonesia. Saat itu, produksi kendaraan Daihatsu mencapai 51,9 persen atau 2,07 juta unit sedangkan 48,1 persen atau 1,93 juta unit merupakan kendaraan bermerek Toyota.
Rudy Ardiman, Division Head Corporate Planning Astra Daihatsu Motor menjelaskan kepada KompasOtomotif, saat ini produksi kendaraan Daihatsu dan Toyota sudah persis seimbang.
"Sampai semester 1 (Juni) telah mencapai lebih dari 4,6 juta unit dengan produk Daihatsu menyumbang sekitar 50 persennya. Sekarang 50:50," kata Rudy via teks, Selasa (6/9/2016).

info Promo Daihatsu

PROMO DAIHATSU JAKARTA TANGERANG BEKASI DEPOK CIKARANG TERMURAHWWW




DAIHATSU JAKARTA

DAIHATSU JAKARTA