Total Tayangan Halaman

DAIHATSU JAKARTA

DAIHATSU JAKARTA

Daihatsu Resmikan Pabrik Ayla-Agya


  • Sumber : ADM | Author : -
    Pabrik baru siap produksi Agya-Ayla

Karawang, KompasOtomotif
- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan pabrik perakitan terpadu Karawang Assembly Plant (KAP) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, hari ini (22/4/2013). Peresmian dilakuan oleh Wakil Presiden Boediono yang didampingi istri Herawati Boediono, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Presdir ADM Sudirman MR dan Presdir Daihatsu Motor Company Koichi Ina.
Hadir dalam peresmian di antaranya Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri ESDM Jero Wacik, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisna Mukti, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Bupati Karawang Ade Swara, Direktur PT Astra International Tbk Djoko Pranoto, Director Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation Yusumori Ihara, Director Senior Managing Officer Toyota Tusho Corporation Jun Nakayama dan Senior Executive Director ADM Yakashi Nomoto.
Pabrik ketiga luasnya 7 hektar dibangun di atas lahan 94 hektare, disiapkan untuk memproduksi mobil murah Ayla- Agya dan model sebelumnya seperti Avanza-Xenia. Berbagai proses produksi mulai dari stamping, welding, painting dan assembling dilakukan dengan menerapkan konsep simple, slim & compact (SSC). Fasilitas produksinya punya standar yang sama dengan pabrik Daihatsu di Kyushu.
Pusat Riset
Selain pabrik, pada lokasi yang sama, Daihatsu juga meresmikan Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D Center) dengan fasilitas Styling Building, Desaingn Experiment Bulding dan Track Course sepanjang 1 km. Fasilitas ini menjadi bukti komitmen Daihatsu memajukan industri otomotif Indonesia sekaligus menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.
"Pembangunan pabrik baru ini telah menelan investasi Rp 2,1 triliun lebih sejak pemancangan tiang pertama Mei tahun lalu. Kapasitas pabrik mencapai 120.000 unit per tahun sehingga menambah kapasitas total Daihatsu menjadi 460.000 unit (dari sebelumnya 340.000 unit)," beber Sudirman di sela persemian pabrik
.

DAIHATSU INDONESIA


Daihatsu Produksi 460.000 Mobil Setiap Tahun di Indonesia

www.daihatsunews.com
  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Zulkifli BJ
    Sudirman MR & Tatsuya Kaneko memperkenalkan salah satu mobil konsep Daihatsu pada IIMS 2013 lalu
  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Zulkifli BJ
    Astra Daihatsu Ayla menggunakan teknologo Jepang
  • www.daihatsuid.com
    Sumber : KompasOtomotif | Author : Zulkifli BJ
    Sudirman MR & Tatsuya Kaneko memperkenalkan salah satu mobil konsep Daihatsu pada IIMS 2013 lalu

Jakarta, KompasOtomotif – Daihatsu telah menjadikan Indonesia sebagai rumah kedua atau pertama di luar Jepang. Pasalnya, selain mendirikan Pusat  Riset dan Pengembangan di Tanah AIr, termasuk tempat tes mobil (proving ground),  total produksi dari dua pabriknya di Sunter (Jakarta Utara) dan Karawang, Jawa Barat akan mencapai 460.000 unit per tahun mulai 2014. 

Hal  tersebut disampaikan oleh Sudirman MR, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), daslam sambutan acara “Pesta Sahabat Daihatsu 2013”, malam Minggu kemarin (14/12/2013). Pabrik baru di Karawang memproduksi 120.000 unit per tahun.   

Ditambahkan, Daihatsu juga mmemproduksi mobil yang dijual Toyota. Model-model terlaris Toyota di Indonesia yang dibuat oleh Daihatsu adalah Avanza, Rush dan terakhir adalah Agya. Selain, untuk pasar domestik, Daihatsu juga mengekspor produ ke beberapa tenaga, termasuk yuang  manggunakan nama Toyota ke Jepang, misalnyan Lite Ace yang beradal dari Gran Max.

Insinyur Indonesia
Sementara itu, Wakil Presiden Daihatsu Motor Company (DMC), Tatsuya Kaneko, mengatakan, bukti Daihatsu menjadikan Indonesia sebagai rumah kedua adalah memperkenalkan 8 mobil konsep pada IIMS 2013 lalu. “Kedelapan mobil konsep tersebut pertama tampil dfi depan publik di dunia,” tegasnya.

Ditambahkan, pabrik Daihatsu di Karawang yang beroperasi sejak Oktober lalu dilengkapi dengan fasilitas “Test Course” dan Pusat Riset dan Pengembangan Pertama di Indonesia. “Dengan fasilitas ini, akan banyak insinyur muda Indonesia mengembangkan keahliannya,” jelas Kaneko.

Diharapkan pula, Daihatsu bisa  berkontribusi positif  memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pengembangan industri otomotif.

“Daihatsu adalah perusahaan yang dikenal dengan mobil kompak, ramah lingkungan dan irit bahan bakar, sekarang justru menjadi tren di dunia. Di Jepang mobil kecil yang disebut ‘K-Car’, menguasai 40 pasar persen dari total penjualan mobil baru. Daihatsu sejak 2006 berhasil meraih peringkat pertama 6 tahun berturut-turut. Ayla yang dluncurkan September lalu, sepenuhnya menggunakan teknologi Jepang,” beber Kaneko.


DAIHATSU JAKARTA

DAIHATSU JAKARTA